Senin, 06 Januari 2014

#1Hari1Ayat -->> Hari Ke-6

Audzubillahiminassyaithanirrajiim..
Bismillahirrahmanirrahiim..

laa yukallifullaahu nafsan illaa wus'ahaa lahaa maa kasabat wa'alayhaa maa iktasabat rabbanaa laa tu-aakhidznaa in nasiinaa aw akhtha/naa rabbanaa walaa tahmil 'alaynaa ishran kamaa hamaltahu 'alaalladziina min qablinaa rabbanaa walaa tuhammilnaa maa laa thaaqata lanaa bihi wa'fu 'annaa waghfir lanaa warhamnaa anta mawlaanaa fanshurnaa 'alaa lqawmi lkaafiriin
[2:286] Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdo'a): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri ma'aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir. 

Sahabat-Sahabat ku.. Marilah kita pahami bersama-sama Ayat 286 dari Surat Al-Baqarah diatas. Dari ayat tersebut, Allah SWT tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Pernahkah diantara kita ada yang berpikir dan bertanya dalam hati masing-masing : "Ya Allah mengapa ujian hidupku berat sekali.?" "Mengapa hanya aku yang diuji sedemikian berat ini, mengapa yang lain tidak mendapatkan ujian yang berat seperti diriku ya Allah?" Pernahkah kita berpikir demikian? atau seringkah kita bertanya dalam hati hal demikian itu?

Allah SWT memberikan kita ujian pastilah ada maksud dan hikmah dibaliknya. Hikmah itu akan menjadikan kita belajar, belajar, dan belajar untuk menjadi insan yang lebih baik di hadapan-Nya. Janganlah kita berburuk sangka pada Allah atas segala ujian atau kejadian buruk yang menimpa pada diri kita. Allah menghadirkan ujian karena kita dikatakan mampu untuk melewatinya. Karena kita "dipilih" dan dimampukan untuk "melewati" ujian dari-Nya.

Allah SWT Maha Tahu kadar kesanggupan seseorang untuk dapat melewati ujian dari-Nya. "Mengapa hidup harus ada ujian?" sekarang kita analogikan saja dengan : "Mengapa setiap mau kenaikan kelas, kita mesti ada Ujian sekolah?" atau "Mengapa setiap mau lulus dari bangku SD.SMP,SMA kita mesti menghadapi UN (Ujian Nasional)?" Nah itu sama saja dengan ujian hidup yang Allah berikan pada hamba-Nya. pastilah Allah memberikan ujian hidup dimaksudkan agar keimanan kita bertambah dan meningkat menuju kearah yang lebih baik.

Allah SWT tahu yang terbaik untuk hamba-hambaNya. semua yang terjadi pastilah ada hikmah dan makna yang manusia bisa ambil dibaliknya. Allah SWT selalu ada dalam hati kita, jangan pernah kita merasa sendiri. Allah memampukan hamba-Nya yang terpilih untuk mendapatkan ujian dari-Nya. Mohonlah pertolongan pada Allah & jangan pernah kita melupakanNya sedetikpun. Allah SWT adalah sebaik-baiknya penolong & sebaik-baiknya pelindung bagi hamba-hambaNya. Aamiin ya Rabbal Alamiin :')

-Semoga Bermanfaat-
_Rachmah Dewi_ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar