Selasa, 09 Juli 2013

Puasa Sehat Untuk Lansia

Assalamualaikum Wr.Wb
Apa kabar teman-teman Nice Muslimah?
Kali ini saya akan sharing tentang "Puasa Sehat Untuk Lansia." seperti yang sudah kita ketahui bersama, Bulan Ramadhan akan tiba, dan umat islam di seluruh dunia WAJIB melaksanakan ibadah puasa. Karena banyak sekali manfaat dari puasa itu, bukan untuk kaum muda saja, tetapi untuk kaum lansia (lanjut usia) mau tau? yuk kita simak yuk..

Selain mendapatkan pahala yang besar tentunya, menjalankan puasa diketahui memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manula (manusia lanjut usia). dr. Edy Rizal Wahyudi, SpPD, kGer, FINASIM dari divisi Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI / RSCM mengungkapkan, penelitian terbaru menunjukkan bahwa puasa memengaruhi fungsi ginjal para orang tua.
Studi yang dilakukan pada pasien berusia 60 tahun keatas ini membuktikan fungsi ginjal mereka membaik pada hati ke-28 Ramadhan dan hari ke-14 setelah Ramadhan. Selain memengaruhi ginjal, penelitian lain juga menyebutkan puasa juga memperbaiki profil lemak. Terdapat penurunan kadar trigliserida, yaitu sejenis lemak dalam darah yang bermanfaat sebagai sumber energi pada orang berusia lanjut dari 145,8 mg/dl menjadi 130,87 mg/dl. sementara kadar kolesterol total pada orang dewasa juga mengalami penurunan.
Saat berusia lanjut, cairan dalam tubuh manusia berkurang sehingga ketika menjalankan ibadah puasa akan lebih cepat haus dan berisiko mengalami dehidrasi. Nafsu makan pun mulai menghilang, biasanya karena faktor sosial, psikologis, penyakit, sensasi rasa lapar yang menurun. Rasa lelah, lemah, dan bingung pun selalu merasuki orang yang sudah lanjut usia.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan : 
  1. Mengistirahatkan sistem pencernaan. Pada saat puasa, tubuh dan sistem pencernaan beristirahat untuk sementara waktu.
  2. Membantu proses detoksifikasi alami dalam tubuh. pada saat puasa, tubuh kita melakukan proses detoks alami, yaitu menetralkan racun di dalam tubuh. Ketika lambung kosong, proses penyerapan nutrisi makanan akan lebih sempurna sehingga tubuh tidak menyimpan sisa makanan yang membusuk yang tidak diperlukan tubuh.
  3. Meningkatkan daya tahan tubuh. Karena pada saat puasa terjadi peningkatan jumlah sel darah putih, terutama pada minggu kedua setelah puasa.
  4. Menurunkan tekanan darah tinggi, kadar gula, dan kolesterol tinggi akan berkurang. Hal ini membantu menurunkan tekanan darah tinggi, kadar gula dalam darah, serta kolesterol.
  5. Peremajaan sel-sel tubuh yang rusak. Dengan berpuasa, akan mendorong peremajaan dan pergantian sel-sel tubuh yang rusak dengan yang baru.
  6. Memperbaiki fungsi hormon. Kekurangan atau kelebihan produksi hormon tertentu akan berdampak buruk pada kesehatan. Misal ketika mengalami stress, hormon insulin dan adrenalin yang mengatur waktu lapar terganggu sehingga nafsu makan hilang atau datang lebih cepat.
  7. Mengurangi cairan berlebihan dalam tubuh. Puasa dapat membantu mengurangi kelebihan cairan dalam tubuh, karena pada saat puasa otomatis kita mengurangi konsumsi air.
Demikianlah teman-teman Nice Muslimah yang dapat saya sampaikan. jadi yuk di bulan Ramadhan ini kita bersama-sama puasa. karena selain kewajiban kita sebagai seorang muslimah, puasa juga banyak sekali bukan manfaat nya? Marhaban Yaa Ramadhan.. Marhaban Yaa Syarussiyaam :)
Maaf lahir batin yaa :)

_Semoga Bermanfaat_
Wassalamualaikum Wr.Wb

--Rachmah Dewi--

Sumber : Sindo NewsPaper 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar