Kamis, 01 Oktober 2015

Pelajaran Bersyukur dari Seorang Supir Taksi - #IHBBlogpostChallenge #InterviewStrangers



Assalamualaikum wr.wb

Apakabarnya teman-teman pembaca blog saya? Alhamdulillah sampai saat ini kita semua masih diberikan nikmat kesehatan dari Allah Ta’ala sehingga dapat menjalankan aktivitas seperti biasanya.

Oke, kali ini aku mencoba mengikuti “Blogpost Challenge” dari Indonesian Hijab Blogger  nah, tema kali ini adalah “Interview Stranger.”

Jadi begini ceritanya teman-teman, pada waktu beberapa minggu lalu, tepatnya ketika saya sehabis pulang dari Jakarta Convention Center (JCC), waktu itu di JCC sedang ada perhelatan “Indonesia Islamic Fashion and Product 2015” saya kebetulan hadir sebentar untuk melihat fashion show yang dibawakan oleh Dian Pelangi. Sepulang dari sana, saya balik ke kantor dengan menggunakan taksi. Kantor saya terletak di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Ya, jarak tempuhnya cukup lumayan jauh sih hehe.

Di perjalanan pulang, saya sempat ngobrol banyak dengan bapak supir taksi.

Bapak supir taksi memulai percakapannya dengan saya : “Abis liat pameran ya, Mbak?”

Kemudian saya menjawabnya : “Iya, Pak tadi selesai makan siang saya pergi ke JCC”

kemudian bapak supir taksinya bertanya lagi : “Gimana Mbak, acaranya? Mahal-mahal gak mbak barang disana?”

terus saya jawab lagi : “Bagus, Pak acaranya. Jadi pameran kerajinan produk-produk khas Indonesia. Lumayan mahal pak harganya, hehehe.”

Kemudian diperjalan ada salah satu perkataan Bapak supir taksi tersebut yang membuat saya agak terenyuh mendengarnya. “Mbak, sekarang nyari kerja di Jakarta susah banget ya Mbak. Saya sedih ngeliat banyak yang jadi pengangguran. Lebih sedih lagi ngeliat yang udah pada lulus Sarjana ikut-ikutan jadi pengangguran.”

Kemudian saya pun menanggapi perkataan bapak supir tersebut : “Iya bener Pak, banyak banget pengangguran sekarang. Soalnya lapangan kerja di Indonesia kurang banget Pak, saya juga sedih pak ngeliat para Sarjana yang udah lulus kuliah jadi pengangguran.”

Kemudian bapak supir taksi itu berkata : “Alhamdulillah Mbak, biarpun saya hanya menjadi supir taksi, saya masih bisa kerja, Mbak. Masih bisa nyari nafkah buat anak dan istri saya. Tadinya saya juga sempat bekerja Mbak, di salah satu perusahaan di kota Bandung, tapi perusahaan tempat saya bekerja bangkrut mbak, jadi saya dan keluarga mesti pindah dari Bandung ke Jakarta. Karena saya ingin nyari kerja di Jakarta. Ternyata sekarang saya kerjanya di perusahaan taksi mbak, jadi supir taksi. Hehehe.”

Kemudian saya berkata kepada bapak supir tersebut : “Iya pak, gak apa-apa kok Pak, Bapak kerja jadi supir taksi yang penting kan halal kerjaan nya Pak.”

Bapak supir taksi berkata lagi : “Saya pernah juga mbak, dapet penumpang, waktu itu penumpangnya perempuan. Saya mengantar penumpang saya tersebut ke kantornya. Sepanjang perjalanan, penumpang saya tersebut seperti mengeluh tentang kerjaan nya yang banyak dan bikin capek. Padahal kan harusnya dia bersyukur aja ya Mbak sama Allah, karena dia udah dikasih kerjaan sementara masih banyak kan ya diluar sana yang butuh kerjaan, yang ngelamar kerjaan tapi gak dapet-dapet.”

Saya pun menanggapi perkataan bapak supir tersebut : “Iya Pak, banyak orang-orang yang kurang bersyukur dikasih pekerjaan sama Allah. Padahal banyak orang lain yang membutuhkan pekerjaan. Saya juga gak habis pikir sih, Pak.”

Tak terasa obrolan kami yang lumayan panjang, membawa saya sudah sampai kedepan gerbang kantor saya. Kemudian  saya pun membayar ongkos taksi tersebut. Dan Bapak supir taksi tersebut bilang : “Terimakasih mbak telah ngobrol-ngobrol dengan saya diperjalanan. Semoga Mbak selalu sukses ya Mbak dalam kerjaan nya.” Saya bilang ke bapak supir tersebut : “Iya Pak, sama-sama. Semoga Bapak juga lancar ya mencari nafkah nya. Banyak-banyak berdoa dan jangan lupa bersyukur.”


Ya teman-teman, jadi inti yang saya telah tuliskan ini adalah Banyak-banyak bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan kepada kita. Karena masih banyak diluar sana orang-orang yang ingin bernasib sama dengan kita. Yang sudah dikasih pekerjaan sama Allah, yuk mulai kurangi mengeluh terhadap pekerjaan. Karena masih banyak orang lain diluar sana yang membutuhkan pekerjaan. Allah memberikan kita sesuatu apapun, pasti akan ada hikmah dibaliknya. Dan pasti apapun yang sudah Allah beri, itulah yang terbaik untuk kehidupan kita. Yuk, cintai pekerjaan kita, sayapun juga masih banyak belajar tentang bersyukur terhadap kehidupan. Jadi kita sama-sama belajar dan sama-sama saling mengingatkan dalam menuju kebaikan ya teman-teman. Dan ingatlah firman Allah SWT, dalam surat Ibrahim ayat 7 tentang bersyukur :








Sekian blog post dari saya, semoga bermanfaat ya!

Blog ini diikutsertakan dalam Indonesian Hijab Blogger Blogpost Challenge




Wassalamualaikum Wr.Wb




-Rachmah Dewi-

1 komentar:

  1. Smg si Bapak dilancarkan rezekinya ya Mba. PR banget nih tentang bersyukur, musti diusahain supaya ga jd tukang ngeluh. Hihi

    BalasHapus