Kamis, 15 Agustus 2013

Happy Eid Al-Fitri 1434 H

Assalamualaikum Wr Wb..
Apa kabar teman-teman Nice Muslimah? Minal Aidin Wal Faizin yaa semua, Taqabalallahu Minna Wa Minkum, Taqabbal yaa Kariim, Shyimana Washyiamakum.. Selamat Idul Fitri 1434 H yaa teman-teman semua. Maafin segala kekhilafan yang saya perbuat. karena manusia tak luput dari kesalahan..
Idul Fitri 1434 H jatuh pada tanggal 08 Agustus 2013, Idul Fitri baru berlalu seminggu yang lalu nih, tapi biarpun Ramadhan sudah berlalu, semangat dan kemuliaan Ramadhan harus tetap ada di hati kita yaa teman2.. Aamiinn..
Idul Fitri adalah kembali kepada kesucian, kembali fitri.. setelah sebulan penuh kita dilatih jasmani dan rohani, jiwa dan raga untuk menahan diri dari segala hawa nafsu. di tanggal 1 Syawal lah seluruh umat islam di seluruh dunia merayakan kemenangan. seluruh usia mulai dari yang muda sampai yang tua larut dalam kebahagiaan Idul Fitri. Pagi harinya sekitar jam 06.45 kita berkumpul di lapangan masjid untuk menunaikan sholat Idul Fitri. Setelah selesai sholat Ied, kita semua saling bermaaf-maafan. baik itu kepada orang tua, kakak, adik, sahabat, suami, istri, tetangga, dsb. Karena inti dari Idul Fitri itu adalah saling memaafkan atas segala Kekhilafan, bukan berlomba-loma mengenakan baju baru, mukena baru, baju koko baru, atau berlomba-loma untuk memamerkan kue-kue lebaran. Sungguh Rasulullah SAW tidak pernah mengajarkan hal yang demikian.
Sebagaimana tradisi Idul Fitri di Indonesia (termasuk di rumah saya juga hehe) ada yang namanya tradisi sungkeman. apa tuh tradisi sungkeman? tradisi sungkeman adalah mencium tangan kedua orangtua kita sambil kedua kaki bersimpuh. itu tadinya merupakan tradisi adat jawa. tetapi seiring berjalan nya waktu, di seluruh Indonesia pun sekarang sudah memaknai tradisi sungkeman sebagai kesatuan paket dari hari raya Idul Fitri. 
Dan setelah sungkeman usai, dilanjut dengan makan bersama. Menu lebaran saya yakin hampir sebagian besar sama di seluruh Indonesia. Iya, benar Sekali! KETUPAT, OPOR AYAM, SEMUR, dan SAMBEL GORENG KENTANG! hehehe :p dirumah saya juga masak itu lho teman-teman. Sungguh nikmat rasanya bila menyantap makanan khas Idul Fitri bersama orang-orang yang disayang sambil diiringi canda dan tawa. this is priceless moment ever! :)
Nah setelah menyantap makanan khas Idul Fitri, di keluarga saya, di lebaran hari pertama biasanya bersilaturrahim ke rumah kakak-kakak dari ayah saya. biasanya saya sampai malam untuk berkeliling-keliling silaturrahim di rumah tante dan om saya. setelah itu, besoknya di hari kedua lebaran, saya berkunjung ke rumah kakak-kakak dari Ibu saya. Nah di rumah kakak dari ibu saya ini, semua keluarga kumpul. karena saya berkunjung ke rumah kakak Ibu saya yang paling tua. karena nenek saya sudah tiada, akhirnya kakak dari Ibu saya inilah yang paling dituakan. sehingga dirumah beliau diadakan open house. Nah di silaturrahim di lebaran hari kedua ini biasanya kami para muda-mudi membentuk "Panitia Lebaran" apa tuh "Panita Lebaran?" Pantia lebaran bertugas menyiapkan kado-kado untuk doorprize, menyusun rundown acara, dan mempersiapkan siapa sajakah yang akan menjadi pengisi acara. Alhamdulillah setiap tahunnya saya selalu jadi Panitia Lebaran yang mengisi acara pembacaan ayat suci Al-Qur'an berserta pembacaan terjemah nya :) Jadi memang, di lebaran hari kedua ini lebih menyenangkan karena adanya doorprize. pokoknya seruuuu bangettt! hehehe.
Oiya, untuk outfit baju lebaran yang saya pakai, nih saya kasih tau yaa : 

 Ini outfit yang saya kenakan di hari Lebaran Pertama :)

Dan ini outfit yang saya kenakan di hari lebaran kedua :)

Demikianlah cerita Idul Fitri di keluarga saya.. semoga kita bisa bertemu lagi ya dengan keberkahan dan kemuliaan Ramadhan di tahun depan dan bertemu dengan indah nya Idul Fitri di tahun depan.. Sekali lagi Minal Aidin Wal Faizin, Selamat Idul Fitri 1434 H teman-teman Nice Muslimah! :) See You Insya Allah Ramadhan Kareem! :))



-Semoga Bermanfaat-
Wassalamualaikum Wr.Wb
_Rachmah Dewi_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar