Sabtu, 16 Mei 2015

Brain, Beauty, Belief by Dian Pelangi




Assalamualaikum Wr.Wb
How's your saturday going my sister Fillah? I hope today is beautiful day for you all :

Punya waktu luang jangan disia-siakan, mending waktu luang tersebut diisi dengan kegiatan yang bermanfaat. Salah satunya : Nulis Blog! :)

Nah pada kesempatan kali ini, saya pengen mereview buku yang sudah saya baca, yakni buku karya salah satu muslim fashion designer favorit saya. Ya, kali ini saya akan mereview buku yang berjudul "Brain, Beauty, Belief." karya Dian Pelangi :)

Saya adalah satu dari sekian banyak muslimah yang sangat memfavoritkan Dian Pelangi. Kenapa? Karena Dian Pelangi sangat, sangat, dan sangat menginspirasi saya untuk menjadi muslimah yang lebih baik lagi dalam bertindak juga bertutur :) Saya banyak belajar dari buku "Brain, Beauty, Belief" ini. Banyak hal-hal positif yang saya dapatkan dari membaca buku ini.

Dalam buku "Brain, Beauty, Belief" ini semua ditulis apik oleh Mbak Dian Pelangi. Gaya penulisan nya juga mudah dimengerti :) dan halaman demi halaman dibuat dengan semenarik mungkin agar para pembaca tidak bosan membacanya. dilengkapi pula dengan berbagai foto dan ilustrasi.

Dalam buku ini, Mbak Dian Pelangi mengajak para pembaca nya untuk mengetahui sejarah perjuangan hidup dan karir dari Mbak Dian Pelangi sendiri. Jujur, saya kagum dengan kepribadian Mbak Dian :) Mbak Dian adalah seorang pekerja keras, tekun, ramah, juga selalu berbagi dengan teman-teman nya di sekolah dulu bahkan sampai sekarang, ketika nama beliau sudah dikenal sampai ke Mancangara, Mbak Dian Pelangi selalu rendah hati dan akrab dengan siapapun :)

Buku ini tidak hanya menceritakan sisi kehidupan dari Mbak Dian Pelangi sendiri, tapi juga memandu kita-Para muslimah- untuk menjadi muslimah yang tidak hanya memiliki kepribadian yang cerdas, tidak hanya memiliki kecantikan luar yang memesona, tapi itu semua juga harus dibarengi dengan akhlakul karimah (Akhlak yang baik).

Pembahasan di buku ini menurut saya sudah cukup lengkap. karena untuk segi keagamaan nya dapat, segi fashion dapat, segi kecantikan nya pun dapat. Jadi bisa dibilang buku ini adalah "Paket Komplit" dan harus dipunyai oleh setiap muslimah :) Tak heran, buku setebal 472 halaman terbitan Gramedia Pustaka Utama dinobatkan sebagai "National Best Seller" karena memang isi dari buku ini benar-benar bagus dan menginspirasi banyak orang :)

Halaman demi halaman buku ini saya baca dan saya pahami :) Alhamdulillah saya mendapat ilmu yang bermanfaat dari apa yang Mbak Dian Pelangi sampaikan dalam buku "Brain, Beauty, Belief" ini.

Sedikit ulasan dalam buku ini :

-Brain : Akal? Harus Punya Dong!
Berhijab itu kewajiban, tapi menuntut ilmu juga merupakan kewajiban. Muslimah itu harus pintar dan menuntut ilmu sesuai passion nya. Not everyone's passion is fashion, but if you follow your passion, success will follow you karena semua yang dikerjakan dengan niat yang baik dan cinta terhadap Allah, InsyaAllah akan sukses. Istilah "perempuan cukup di dapur." sehingga tidak perlu menuntut ilmu itu salah besar. Kelak seorang perempuan akan mendidik generasi penerusnya, bukan? Jadi perempuan harus cerdas."

"...... Niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat....." (QS. Al-Mujaadilah [58] : 11)

-Beauty : Cantik? Perlu Kok!
Kusut, kotor, tidak matching! It's so yesterday!
Aku lebih senang menyebut fashion sebagai istilah "Beauty of dressing up." yaitu keindahan berbusana. Dan beauty in make-up melengkapinya. Berpakaian bagus, rapi, dan indah juga salah satu bentuk penghargaan terhadap diri sendiribdan rasa syukur atas nikmat Allah. Sementara itu, memakai kosmetik yang halal agar terlihat segar dan tidak pucat, why not? walaupun isi lebih penting, bukan berarti packaging dilupakan. Memberikan image muslimah yang rapi, anggun, dan memedulikan penampilan InsyaAllah dapat menginspirasi muslimah yang lainnya.

-Belief : Akhlak? Ini yang paling penting!
Sepintar apapun dan secantik apapun penampilan kita, semua percuma tanpa iman dan akhlak yang baik. Menjalankan rukun islam dan rukun iman dengan penuh istiqomah, ramah, bertutur kata yang baik dan sopan, senantiasa tersenyum, tidak suka menyindir, dan tidak merasa lebih baik dari siapapun, itu baru muslimah yang oke! semoga setelah membaca buku ini kita bisa mengubah diri menjadi lebih baik. "Be Yourself" saja tidak cukup : yang tepat adalah "Be the best of yourself." jika menjadi diri sendiri namun memiliki kepribadian tidak baik, apakah kepribadian itu harus dipertahankan? sebaliknya, walaupun orang bilang kita bertopeng, jika kita lakukan dalam usaha menjadi muslimah lebih baik, mengapa tidak? Intinya adalah jadilah apapun, tapi apapun yang baik.

Muslimah
-Ketika masih seorang anak, dialah pembuka pintu surga ayahnya. Ketika menjadi seorang istri, dialah yang menyempurnakan separuh agama suaminya, Ketika menjadi seorang ibu, surga di telapak kakinya. Masya Allah! :)


 
Sekiranya itu saja, review mengenai buku dari Mbak Dian Pelangi yang berjudul "Brain, Beauty, Belief." saya benar-benar berterimakasih juga kepada teman-teman kantor saya yang mengadiahkan buku ini di hari ultah saya kemarin pada tanggal 07 Mei 2015. Terimakasih ya Yofa, Febri, Risma, dan Icha! You all the best guys! :')

Wassalamualaikum Wr.Wb

_Rachmah Dewi_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar