Sabtu, 27 Mei 2023

Imunitas Tubuh yang Terjaga adalah Cara Hidup Bahagia untuk Puasa yang Lebih Bermakna bersama Zymuno

 

Sumber gambar: Zymuno.id

Hallo teman-teman! Aku izin ikutan Zymuno Blog Contest ya kali ini! Nah, teman-teman sekalian seperti yang sudah diketahui bersama bahwa puasa Ramadan merupakan ibadah Rukun Islam yang ke-3, artinya adalah puasa Ramadan ini wajib dilakukan oleh seluruh umat islam di dunia. Puasa sendiri mengandung arti menahan diri dari makan, minum, nafsu, serta hal-hal lain yang dapat membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Kewajiban puasa Ramadan bagi seluruh umat muslim, bukan tanpa dalil lho teman-teman. Karena Allah SWT telah berfirman dalam QS. Al-Baqarah Ayat 183 yang artinya adalah sebagai berikut:

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (QS. Al-Baqarah: 183).

Dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan, bukan hanya hati dan perilaku yang harus dijaga, namun imunitas tubuh selama puasa tentunya harus mendapat perhatian lho, teman-teman. Bukan tanpa sebab, saat seseorang berpuasa mereka menahan lapar dan haus selama kurang lebih 13 jam. Pada saat berpuasa Ramadan selama 30 hari, tentu banyak di antara teman-teman yang juga dituntut untuk beraktivitas lain seperti ke kantor, ke kampus, atau melakukan pekerjaan lain dengan jadwal yang padat.

Menurut info yang pernah disampaikan oleh Ketua Prodi Gizi Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada, R.Dwi Budiningsari, beliau mengatakan bahwa dengan puasa Ramadan sendiri sejatinya dapat meningkatkan imunitas tubuh secara alami, lho!

Ilustrasi gambar (sumber: website Koran Jakarta)

Selain itu, menjalani puasa Ramadan selama 30 hari nyatanya juga dapat merangsang produksi sel-sel darah putih baru, sehingga dapat menjadi dasar regenerasi bagi seluruh sistem kekebalan tubuh yang ada di dalam tubuh manusia. Kondisi tubuh manusia yang telah mendapat sistem kekebalan tubuh yang telah mengalami regenerasi akan semakin kuat dalam membentengi diri dari gangguan virus dan bakteri.

Menurut sejumlah pendapat para pakar di bidang kesehatan, puasa Ramadan juga dapat mengurangi lemak-lemak yang ada di dalam tubuh, karena lemak berlebih akan menjadi salah satu pemicu keseimbangan sistem kekebalan tubuh manusia menjadi rusak. Meskipun dengan berpuasa Ramadan dapat memberikan peningkatan sistem imunitas, teman-teman juga perlu lho menjaga kesehatan tubuh untuk lebih meningkatkan imunitas teman-teman.

Sebagai manusia, rentan terkena yang namanya terkena serangan penyakit yang disebabkan oleh virus atau bakteri, nah teman-teman, berikut ini aku mau kasih tips nih bagaimana cara menjaga imunitas tubuh agar hidup senantiasa Bahagia untuk puasa yang lebih bermakna:

1. Kenali Kondisi Tubuh Dengan Baik

Sesungguhnya yang paling paham kondisi tubuh kita adalah diri kita sendiri bukan orang lain, jadi apabila teman-teman sedang sakit yang membuat teman-teman tidak bisa menjalankan ibadah puasa sebaiknya teman-teman tidak menjalankan puasa terlebih dahulu. Karena Islam sendiri memberikan keringanan bagi orang yang sedang sakit untuk tidak menjalankan ibadah puasa dan menggantinya di hari lain di luar bulan Ramadan. Keringanan bagi seseorang yang sedang sakit untuk berpuasa tercantum di dalam QS. Al-Baqarah ayat 184:

Artinya: “(Yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

2. Memilih Makanan yang Bergizi

Memilih makanan yang bergizi saat sahur ataupun berbuka puasa dipercaya oleh sejumlah pakar kesehatan untuk meningkatkan imunitas saat berpuasa Ramadan. Kalau aku biasanya dengan memakan makanan yang kaya akan protein hewani, protein nabati, dan serat saat berbuka puasa atau pada saat sahur. Seperti memakan daging, telur, tahu, sayur-sayuran dan buah-buahan. Nah kalau aku paling suka buah manga, jeruk, dan apel.


Makan daging steak saat berbuka puasa (sumber:
 dokumen pribadi)



Ilustrasi buah-buahan (sumber: gambarbuah.blogspot.com)

3. Minum Air Putih yang Cukup

Untuk menjaga imunitas saat berbuka puasa, biasanya aku selalu mengonsumsi air putih yang cukup. Untuk asupan air putih yang dianjurkan oleh para pakar kesehatan adalah sebanyak 2 liter. Untuk itu, aku selalu mengatur asupan air putih saat sahur dan berbuka puasa, agar dapat setara dengan 8-9 gelas per hari. Minum air putih yang cukup juga tidak hanya dapat menjaga imunitas tubuh, tetapi dapat juga untuk memelihara fungsi ginjal, membuat kulit bercahaya, dan membuat fungsi usus menjadi normal.

ilustrasi gambar: suaramuslim.net

4. Menyambung Silaturahmi dan Berbuat Baik pada Sesama

Untuk menjaga imunitas tubuh pada saat bulan Ramadan menurut cara aku adalah menyambung silaturhami dan berbuat baik kepada sesama. Bisa dilakukan dengan buka puasa bersama keluarga atau dengan memberi makanan untuk berbuka puasa kepada orang-orang yang dijumpai di jalan. Serius, deh cara ini membuat jasmani dan rohani sehat lho teman-teman. Nah selain membuat jasmani dan rohani sehat, manfaat lain ketika menjalin silaturahmi dalam islam adalah melapangkan rezeki dan memanjangkan umur.

Berkumpul saat berbuka puasa salah satu cara menjaga imunitas tubuh (sumber: dokumen pribadi)

Aku saat mendampingi teman berbagi makanan untuk buka puasa (Sumber: dokumen pribadi)

5. Rajin Mengonsumsi Madu dan Vitamin Herbal

Manfaat madu dalam dunia kesehatan memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Cairan dengan rasa yang manis ini dipercaya dapat menjaga imunitas tubuh manusia. Di samping itu, madu juga menyimpang khasiat yang sangat berguna bagi kesehatan seperti menjaga sistem pencernaan, mempercepat penyembuhan luka, dan menangkal radikal bebas.

Asal Mula Madu

Menurut informasi yang aku ambil dari beberapa artikel ilmiah yang pernah aku baca, madu berasal dari lebah madu dan beberapa serangga lain yang membantu proses terjadinya madu. Dalam prosesnya, madu terbuat dari proses aktivitas enzimatik, terbentuk melalui proses regurgitasi, dan penguapan yang berasal dari air. Madu asli sebelum dijual di pasaran, dikumpulkan dari koloni lebah liar atau dari sarang peternakan lebah.

Ilustrasi madu (sumber: orami.co.id)

Vitamin Herbal yang Terbaik untuk Imunitas adalah Zymuno

Selain mengonsumsi madu, untuk menjaga imunitas pada saat berpuasa Ramadan bisa juga dengan mengonsumsi vitamin herbal. Namun, pastikan teman-teman tidak salah memilih vitamin herbal ya! Aku punya rekomendasi bagus nih untuk teman-teman yaitu dengan mengonsumsi Zymuno! Nah, pasti teman-teman bertanya apa itu Zymuno?

Tak Kenal Zymuno, Maka Tak Sayang!  Yes, bener banget! Zymuno merupakan vitamin herbal pertama  di Indonesia dengan multi compound energy! Apa itu multi compound energy? Nah, multi compound energy merupakan kombinasi dari 4 bahan pilihan yang memberikan perlindugan lebih kuat dari penyakit seperti lipoma, benjolan, dan kista. Di samping itu, jika seseorang mengonsumsi Zymuno imunitas tubuh akan meningkat pesat. Sederhananya, Zymuno merupakan madu herbal untuk imunitas yang berguna menjaga daya tahan tubuh.

Sumber: detik.com

Lalu apa saja kandungan Zymuno? Dalam Zymuno terkandung 4 bahan utama yang termasuk ke dalam bahan-bahan terbaik bagi kesehatan seperti madu hutan alami yang memberikan efek anti kanker, temulawak yang berkhasiat mencegah berbagai jenis kanker, daun kelor yang terdapat kandungan zat Niazim untuk mencegah perkembangan sel kanker, dan meniran hijau yang memperlambat pertumbuhan sel tumor.

Manfaat utama yang terkandung di dalam Zymuno itu apa saja sih? Nah untuk manfaat utama yang terkandung di dalam Zymuno adalah untuk menghilangkan lipoma, sebagai imunoterapi imunitas, dan meningkatkan stamina serta daya tahan tubuh. Untuk aturan minum Zymuno pun juga mudah banget lho teman-teman, yaitu sebelum minum Zymuno silakan dikocok terlebih dahulu, kemudian minum 2x sehari sebanyak 2 sendok makan, dan dapat diminum setelah makan, ya!

***

Nah, itulah tadi 5 tips dari aku untuk menjaga imunitas tubuh agar hidup Bahagia dan puasa yang lebih bermakna. Oh, ya buat teman-teman yang mau beli Zymuno, gak perlu repot mau beli di mana, karena Zymuno dijual secara online di berbagai market place seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada! Silakan kunjungi link di bawah ini ya:

Shopee: Zymuno Official Store
Tokopedia: Zymuno Official Store
Lazada: Zymuno Mall

Semoga artikel aku bermanfaat ya teman-teman! Yuk, sama-sama kita jaga imunitas dan kesehatan tubuh!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar