Rabu, 02 Januari 2019

Dengan “Travelblog.id,” para “Traveller” dan Wisatawan dapat Berbagi Ekspresi serta Edukasi bagi Pembaca di “Zaman Now”




Tampilan Homepage dari Travelblog.id

Hai my lovely readers!

Senang sekali rasanya bisa berbagi sebuah artikel yang bermanfaat untuk para pembaca blog-ku semuanya! Kali ini, saya akan menuliskan sebuah artikel, yaitu berupa blog review dari sebuah website yang keren banget! Penasaran? Nah kalian harus baca artikelku ini sampai habis, ya!

Oke sebelum membahas lebih dalam tentang website tersebut yang akan aku review, aku ingin bertanya satu hal kepada my lovely readers sekalian, apa yang ada dalam benak my lovely readers sekalian ketika mendengar kata “travelling?” atau wisata? Pasti yang muncul pertama kali adalah berkunjung ke suatu daerah dan/atau negara dengan keluarga, teman, kerabat, pasangan, dengan tujuan untuk jalan-jalan, foto-foto, wisata kuliner, dan tentunya belanja-belanja alias happy-happy deh kegiatan travelling itu, setuju kan?

Tapi, biasanya nih ya keindahan sebuah negara atau kota yang kita kunjungi dalam kegiatan travelling itu kan, pengen banget kita bagikan momen indahnya kepada orang-orang yang tidak ikut travelling bersama kita. Sayang dong kalau sudah melihat tempat-tempat yang kece dan keren, menyicipi makanan setempat yang lezat hanya kita simpan dalam handphone atau kamera saja? Tentunya selain membagikan di platform sosial media seperti: Instagram, Youtube, Facebook di zaman now ini kita bisa membagikannya lewat website! Wow keren bingitz! Gimana tuh caranya? Tenang! Aku akan memberitahukanmu secara lengkap tentang website yang aku maksud tersebut.

Yup, website “Travelblog.id” namanya. Baru mendengar namanya aja sudah excited banget dong ya, gimana kalau nyoba ikutan nulis di dalamnya? Pasti lebih, lebih, dan lebih excited lagi! Jadi, TravelBlog.id” adalah sarana blog travel dan wisata yang menyediakan tempat bagi para traveller dan wisatawan untuk saling berbagi jurnal dan pengalaman. Halaman muka (Homepage) dari website ini adalah dengan tampilan seperti berikut ini. Di bagian atas, terdapat lima kategori, yaitu: Jalan-jalan, Kuliner, Tips dan Info, Seni dan Budaya, serta Sign in.
Halaman Homepage dari website "Travelblog.id"
Nah gimana sih ketika kita ingin masuk (sign-in) dan ikut serta menulis di website tersebut? Nih aku kasih tahu caranya, ya!
  1. Klik kategori “Sign in” di pojok kanan atas
    Kalian bisa masuk menggunakan akun Facebook atau akun Google+(Kali ini aku memilih untuk masuk dengan menggunakan akun Facebook)
  2. Setelah memilih dengan menggunakan akun Facebook, maka saya klik tombol “Lanjutkan”
  3. Setelah itu, kalian diminta mengisi data diri sesuai dengan gambar yang saya lampirkan berikut ini
Lalu klik tombol “Daftar” maka kalian akan masuk ke dashboard website tersebut, dan di bagian “buat artikel” sudah bisa dipergunakan untuk menuliskan artikel.










Lanjut….
Nah, tapi untuk menulis di website ini, teman-teman sekalian, perlu memerhatikan “Ketentuan Membuat Artikel” yang ada di website ini. kalian bisa lihat di rubrik “Panduan” di sebelah “Sign in” nah, nanti akan muncul poin-poin ketentuan-ketentuan yang harus diperhatikan dalam menulis di website ini, seperti gambar yang saya post berikut ini:

Setelah itu, kita bisa bergeser ke rubrik “Seni Budaya” di sini, terdapat artikel-artikel seru yang ditulis oleh para kontributor tentang seni dan budaya dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Menurut aku ini artikel yang sangat bermanfaat sekali untuk para pembaca, kita yang notabene-nya pembaca jadi tahu bahwa seni budaya dari Indonesia itu unik dan beragam, karena itulah Indonesia terkenal dengan semboyannya, “Bhinneka Tunggal Ika”


Rubrik Seni dan Budaya
Lanjut lagi, setelah kita menyusuri rubrik “Seni dan Budaya” selanjutnya kita akan masuk untuk menjelajahi rubrik “Tips dan Info” di sini, kalian juga akan menemukan ragam tips dan info menarik dari para kontributor. Konten yang disajikan di sini tak hanya berupa tulisan saja, tapi juga konten secara audio dan visual yang bisa langsung kalian play! Wow, keren banget deh!

Rubrik Tips dan Info
Rubrik Tips dan Info yang ada videonya
Oke lanjut gak nih? Lanjut ya guys! Bergeser lagi ke kiri setelah rubrik “Tips dan Info” kita akan menemukan rubrik “Kuliner” nah bagi pencinta kuliner melihat artikel-artikel ini pasti ingin banget buat mencobanya. Karena memang ajib-ajib lho makanan dan/atau minuman dari suatu negara atau bahkan negara Indonesia sendiri juga punya banyak wisata kuliner yang ajib-ajib alias lezat-lezat! Contohnya seperti artikel yang mengulas tentang “Bakso Cambah Malang” seperti gambar berikut ini:



Bergeser ke kiri dari rubrik “Kuliner,” kali ini kita akan menjelajahi rubrik “Jalan-jalan” nah rubrik ini menjadi referensi dan juga edukasi bagi para pembaca yang juga ingin jalan-jalan mengunjungi sebuah tempat di suatu kota. Contohnya adalah dalam gambar yang saya post berikut ini. disajikan dengan gaya bahasa yang menarik bagi pembaca menjadikan pembaca seolah-olah berada langsung juga di tempat wisata tersebut! Wow, sangat menarik!


Rubrik Jalan-Jalan


***
Nah, sebelum saya menutup review blog ini, jangan lupa, ketika kalian balik ke homepage, kalian harus scroll ke bagian paling bawah, karena di sana akan ada info tentang akun-akun sosial media yang resmi dari "Travelblog.id" dan kalian bisa menfollow-nya juga supaya kalian dapat berbagai insight tentang travelling! Sangat menarik!

Oke deh, sekian review blog dari aku yah, my lovely readers. Jadi tidak ada alasan lagi dong untuk malas menulis karena sekarang ada “Travelblog.id” sahabatmu untuk menuliskan berbagai pengalaman berkesanmu saat travelling! Happy reading and happy writing!

Salam,


Rachmah Dewi | @rachmah_dewi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar