Minggu, 06 Januari 2019

Dengan Menjadi "Blogger" Banyak Kejutan yang Tak Terduga Menghampiriku!

Blogging Activity | Ilustrasi oleh: https://pagedesignshop.com

Hai My Lovely Readers!

Senang sekali rasanya bisa menyapa dan bisa berbagi tulisan dengan pembaca blog-ku semuanya! Mumpung masih atmosfer tahun baru nih, kali ini aku juga akan membuat tulisan yang ketika kalian baca tulisan aku ini, kalian akan termotivasi dan terinspirasi untuk melakukannya, ya walaupun aku bukan blogger terkenal, bukan seorang public figure yang followers-nya banyak di sosial media, tapi semoga artikelku ini menjadi alasan untuk kamu semangat melakukan kegiatan positif di sepanjang tahun 2019!

Yang akan aku tuliskan di dalam artikelku berikut ini adalah tentang “Dengan Menjadi Blogger, Banyak Kejutan Tak Terduga Menghampirimu!” Jadi, aku akan bercerita sedikit pengalamanku selama aku terjun di dunia blogger di Indonesia selama 6 tahun dari sejak tahun 2013. Walaupun mungkin belum sampai di usia puluhan tahun aku berbagi tulisan di blog, tapi selama kurun waktu 6 tahun ini, aku benar-benar mendapatkan pengalaman dari menjadi seorang blogger.

Platform blog yang aku pakai ini, selain di sini (tempat aku menulis artikel ini) satu lagi ada juga di Kompasiana (www.kompasiana.com/rachmah_dewi) silakan bagi yang mau follow akun saya di Kompasiana sangat amat diperbolehkan, hehe. Tapi, jujur ya, dulu aku tidak pernah terpikir akan menjadi seseorang yang senang menulis di blog, karena jujur, aku anaknya kurang percaya diri terhadap tulisan aku sendiri. Sejak kecil, aku memang hobi menulis. Kalian bisa tanya ke guru Bahasa Indonesia aku sewaktu aku duduk di bangku sekolah SMP dan SMA, jika ada ujian Bahasa Indonesia dan itu ditugaskan untuk membuat karya tulis dengan batas minimal 5 lembar, maka pasti aku membuat karya tulis itu menjadi 10 lembar! Saking sukanya aku dengan dunia tulis menulis, karena bagiku dengan menulis aku bisa bebas berekspresi menuangkan segala isi hatiku.

Oke, momen berkesanku selama mengarungi perjalanan 6 tahun menjadi blogger adalah aku banyak bertemu dengan banyak teman-teman baru, aku bisa belajar dan menggali informasi dari para blogger-blogger lainnya, Kemudian aku juga bisa berbagi di kelas-kelas kepenulisan baik secara online maupun secara offline. Untuk aktifitas kepenulisanku bisa kamu lihat di instagramku ya (www.instagram.com/rachmah_dewi). Dan yang sangat berkesan adalah beberapa kali aku berhasil menjadi juara dalam lomba blog. Yang sangat berkesan adalah ketika aku berhasil menjadi juara dalam Ajang Penganugerahan Jurnalistik MH.Thamrin ke-43 di kantor Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2017. Alhamdulillah, ternyata aku tidak menyangka, begitu banyak kejutan yang Allah SWT hadirkan untuk aku dari menulis.

Inilah beberapa teman-temanku yang dipertemukan karena kami memiliki passion yang sama di dunia blogging 
Foto ketika aku menjadi juara ke-2 dalam Ajang Penganugerahan Jurnalistik di kantor Gubernur DKI Jakarta 2017 lalu.
Tapi, tujuan saya menjadi seorang blogger sebenarnya bukan semata-mata hanya ingin memenangkan kompetisi blog saja, lebih dari itu, 3 alasan utamaku menjadi seorang blogger adalah sebagai berikut:
1. Mengabadikan Tulisan Walau Aku Sudah Tiada di Dunia

Karena menulis bekerja untuk keabadian | Ilustrasi: http://sandatika.blogspot.com
Semua pasti setuju jika semua makhluk hidup yang ada di muka bumi ini pasti akan mati, pasti akan menemui Sang Penciptanya, termasuk juga aku. Entah kapan waktunya, Sang Pencipta pasti akan memanggilku untuk “pulang kepada-Nya” lalu sepeninggal aku nanti, apa kebaikan yang bisa dikenang dari ku oleh para orang-orang? Ya, aku ingin karyaku yang berupa tulisan-tulisan yang menginspirasilah yang mereka kelak akan kenang sepeninggalkku. Untuk itu aku menulis, untuk itu aku menjadi penulis. Wadah menulis di era digital sekarang ini salah satunya adalah dengan platform blog. Maka dari itu, aku ingin blog pribadiku tetap ada dan artikel yang aku tulis dan aku posting tetap dibaca orang.

2.Membuat Kaum Muda Cinta dengan Literasi
Ilustrasi gambar oleh https://cmahrani.wordpress.com
Jika aku perhatikan, anak-anak muda di Indonesia ini sangat minim dalam minat untuk membaca, apalagi membaca buku dan artikel yang bermanfaat. Saat ini, kaum muda lebih gandrung untuk membaca artikel gosip ataupun artikel hoaks. Lalu, jika anak-anak muda Indonesia terbiasa membaca berita-berita negatif seperti itu, bagaimana Negara Indonesia mau maju? Bagaimana pemuda-pemuda Indonesia dapat mengubah dunia? Oleh karena itu, tujuanku membuat artikel-artikel dengan konten bermanfaat adalah supaya anak-anak muda Indonesia bisa mencintai dunia literasi. Karena dengan menulis, maka dunia akan mengenalmu, dan dengan menjadi seorang blogger, maka kamu akan dikenal dunia.
3. Ingin Membuat Bangga dan Bahagia Orangtua

Ilustrasi oleh https://www.kompasiana.com/ibnuramadhan
Seperti yang sudah aku sampaikan di atas bahwa, menjadi seorang blogger mendatangkan banyak kejuta-kejutan dalam hidupku. Ketika aku pertama kalinya menginjakkan kaki di kantor Gubernur DKI Jakarta di tahun 2017 silam, sungguh betapa kedua orangtuaku sangat bangga dan bahagia melihat anaknya ini mendapatkan penghargaan sebagai juara ke-2 dalam Lomba Jurnalistik yang sangat bergengsi di kantor Gubernur DKI Jakarta tersebut. Bagaimana tidak? Artikel yang aku tulis di blog lolos seleksi dari 600 peserta lain di seluruh Indonesia. Alhamdulillah, sungguh momen manis yang tidak bisa aku lupakan seumur hidupku.



***
Ilustrasi gambar dari https://penadiri.com
Lalu jika ditanya apa resolusiku sebagai seorang blogger di tahun 2019 ini?Jawabannya, sederhana saja. Aku ingin selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT dan juga diberikan ide-ide agar aku bisa terus produktif dalam menulis artikel. karena kesehatan sangat mahal harganya, untuk itu aku ingin selalu diberikan kesehatan di sepanjang tahun 2019 ini untuk bisa menghasilkan karya-karya berupa tulisan yang bermanfaat bagi pembaca. Bismillah, mohon didoakan ya para pembaca sekalian!
Oke, sekian artikel yang aku tulis pada kesempatan kali ini, semoga bisa memberikan manfaat bagi para pembaca sekalian di mana pun kalian berada.


Salam hangat,


Rachmah Dewi | @rachmah_dewi

5 komentar:

  1. Semoga niat baik Kakak untuk negeri ini berujung baik. Sukses ya, Kak.

    https://www.ceritamaria.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, terimakasih ya sudah mampir ke blog saya 🙏😃

      Hapus
  2. Masya Allah mulia sekali tujuan ngeblognya kak hehhe smg makin diberkahi yah kak melalui tulisan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin terimakasih kak Joe Candra sudah berkenan mampir ke blog saya 🙏😃

      Hapus
    2. Semoga kakak pun sama-sama mendapat berkahnya dan senantiasa sukses dalam kehidupan. salam! 😊

      Hapus