Jumat, 21 Juni 2013

Semoga Kita Adalah Muslimah Calon Penghuni Surga-Nya Allah SWT. Amiinn :)

Surga (Al-Jannah) adalah suatu tempat di alam akhirat yang penuh dengan keselamatan, kesejahteraan, segala kesenangan dan kenikmatan, kebahagiaan serta kemuliaan yang abadi. Allah SWT Menjanjikan tempat ini bagi hamba-Nya yang beriman dan bertakwa kepada-Nya. Firman Allah SWT "Dan orang-orang yang beriman serta beramal Sholeh, menjadi penghuni surga. Kekallah mereka didalamnya." (QS.Al-Baqarah : 82) "Orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal sholeh, kelak akan kami masukkan kedalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya." (QS. An-Nisa : 122)

Keadaan surga digambarkan secara gamblang dalam ayat-ayat Al-Quran. Surga Seluas Langit dan Bumi. (QS. Ali-Imran 133) Didalamnya terdapat buah-buahan yang tiada habisnya dan tidak terlarang mengambilnya. (QS. Al-Waqiah : 32-33). Terdapat pula istana-istana yang dibawahnya mengalir sungai-sungai. (QS. Al-Furqan : 10) Terhampar permadani-permadani. (QS. Al-Ghasyiyah : 16) Tahta-tahta kebesaran. (QS. Ash-Shaffat : 44). Dan ranjang-ranjang yang terbuat dari emas atau permata. (QS. Al-Waqiah : 15). Dengan kasur tebal nan empuk. (QS. Al-Waqiah : 34). Dan bantal-bantal yang tersusun (QS. Al-Ghasyiyah : 15). di surga juga mengalir sungai-sungai khamer yang lezat rasanya, dan sungai-sungai madu yang diasaring (QS. Muhammad : 15). Di Surga tiada perkataan yang tak berguna (QS. Al-Ghasyiyah : 10-11)

Nama-nama Surga dan Calon Penghuninya :
1. Surga Firdaus
-->> Diciptakan oleh Allah SWT dari emas. Tentang calon penghuninya dijelaskan dalam surat Al-Mu'minun ayat 1-11. calon penghuninya adalah :
  • Orang-orang yang memelihara diri dan khusyuk sholatnya.
  • Orang-orang yang menjauhkan diri dari ucapan dan perbuatan yang tiada guna.
  • Orang-orang yang membayar zakat
  • Orang-orang yang menjaga kehormatan, kecuali terhadap istri-istrinya.
  • Orang-orang yang memelihara amanat dan menepati janji.
2. Surga 'Adn
 -->> Diciptakan oleh Allah SWT dari intan putih. calon penghuninya adalah :
  • Orang-orang yang bertakwa pada Allah SWT (QS. An-Nahl : 30-31)
  • Orang yang benar-benar beriman dan beramal soleh (QS. Thaha : 75-76)
  • Orang yang banyak berbuat baik (QS. Fathir : 32-33)
  • Orang yang sabar, menginfakan hartanya, dan membalas kejahatan dengan kebaikan. (QS.Ar-Ra'd : 22-23)
3. Surga Na'im
-->> Diciptakan oleh Allah SWT dari perak putih. calon penghuninya adalah : orang-orang yang benar-benar bertakwa dan beramal soleh (QS. Al-Qalam : 34-35, QS. Luqman : 8, dan QS. Al-Hajj : 56)
 
4. Surga Ma'wa
-->> Diciptakan oleh Allah SWT dari zamrud hijau. calon penghuninya adalah :
  • Orang-orang yang bertakwa pada Allah SWT (QS. An-Najm : 15)
  • Orang-orang yang benar-benar beriman dan beramal soleh (QS. As-Sajdah :19)
  • Orang-orang yang takut akan kebesaran Allah SWT dan menahan diri dari hawa nafsu buruk (QS. An-Naziat : 40-41)
5. Surga Darussalam
-->> Diciptakan oleh Allah SWT dari yakut merah. calon penghuninya adalah orang-orang yang kuat iman dan islamnya, memperhatikan ayat-ayat al-qur'an, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari karena Allah SWT (QS. Al-An'am : 127)

6. Surga Darul Muqamah
-->> Diciptakan oleh Allah SWT dari permata putih. calon penghuninya adalah orang-orang yang kebaikannya amat banyak dan jarang sekali berbuat kesalahan.

7. Surga Al-Maqamul Amiin
-->> Diciptakan oleh Allah SWT dari emas. calon penghuninya adalah orang-orang yang kebaikannya amat banyak dan sangat jarang berbuat kesalahan. (QS. Ad-Dhukhan : 15)

8. Surga Khuldi
-->> Diciptakan oleh Allah SWT dari marjan merah dan kuning. calon penghuninya adalah orang yang taat menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan Allah SWT (QS.Al-Furqan : 15)

Jarak antara tingkatan surga yang satu dengan yang lainnya dijelaskan dalam hadits. "Surga itu terdiri dari beratus-ratus tingkat. Jarak antara satu dengan yang lainnya seperti antara bumi dan langit. Dan tingkatan tertinggi adalah surga Firdaus." (HR. Abi Said Al-Khudri)

Kemudian, surga juga mempunyai delapan pintu. pintu-pintu tersebut adalah :
1. Pintu pertama untuk para nabi / rasul, syuhada, dan dermawan.
2. Pintu kedua untuk orang yang mendirikan sholat dengan menyempurnakan syarat dan rukunnya. serta menyempurnakan wudhunya.
3. Pintu ketiga untuk orang yang mengeluarkan zakat dengan kebaikan jiwanya.
4. Pintu keempat untuk orang yang menganjurkan kebaikan dan melarang kemungkaran.
5. Pintu kelima untuk orang yang mencegah hawa nafsu dari kesyahwatan.
6. Pintu keenam untuk orang yang menunaikan ibadah haji dan umrah.
7. Pintu ketujuh untuk orang-orang yang ahli jihad (berjuang menegakkan agama Allah SWT)
8. Pintu kedelapan untuk orang-orang yang beramal sholeh termasuk diantaranya orang yang berbakti kepada kedua orangtuanya, dan menyambung tali persaudaraan.

Ya Allah ya Rabb.. semoga kita semua adalah muslimah-muslimah yang menjadi calon penghuni Surga-Mu. jadikanlah kami muslimah yang taat, muslimah yang sabar, muslimah yang shalihah, muslimah yang bisa membahagiakan kedua orangtua kami, muslimah yang bisa berprestasi dan menginspirasi.

 Semoga bermanfaat.
_Rachmah Dewi_

 Sumber : Buku Pintar Agama Islam Edisi Senior.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar