Jumat, 06 November 2015

Kalau Bukan Kita, Siapa Lagi? Semangat Terus!

Hai, selamat malam Sobat Budaya!
Masih dalam rangka mengikuti Blog Competition dengan tema "Sumpah Pemuda dan Budaya Indonesia" maka saya mengirimkan lagi satu artikel. Mudah-mudahan bisa menambah semangat para teman-teman sekalian yaa..
Di artikel saya sebelumnya, saya membahas makna Sumpah Pemuda dalam kaidah berbahasa Indonesia.
Ya, saya sebagai generasi muda Indonesia cukup prihatin dengan kaidah berbahasa anak muda Indonesia sekarang ini. Nah yang membuat saya prihatin lagi, banyak juga pemuda-pemudi Indonesia yang mencintai negara lain dibandingkan negara Indonesia sendiri.

Contoh nya adalah anak-anak muda Indonesia zaman sekarang lebih hafal nama-nama vokalis band dari luar negeri, dibandingkan hafal nama-nama pahlawan dari Indonesia. Dan anak-anak muda Indonesia lebih senang menempel bendera negara lain di kamarnya dibanding menempelkan bendera negara Indonesia. Dan tak hanya itu, anak-anak muda Indoenesia pun seakan malu untuk memakai batik jika bepergian keluar rumah. Waktu itu saya pernah bertemu dengan sekumpulan pekerja kantoran. Dan ada salah satu pekerja kantoran yang berkata kepada teman nya "Eh, ngapain sih lo pakai batik mulu? mau ke acara nikahan ya? gak usah formil banget lah." jadi mainset orang Indonesia itu adalah jika pakai batik keluar rumah maka dia mau datang ke acara nikahan. padahal yang sudah diketahui bersama bahwa batik adalah warisan budaya Indonesia, yang harusnya kita bangga memakai batik. 

Yang lebih miris lagi, aksi tawuran ini dilakukan oleh kalangan pelajar dan mahasiswa, yang notabene tulang punggung negeri ini. Tidak hanya terjadi di Jakarta, aksi tawuran ini juga terjadi di kota-kota lainnya di Indonesia. Masyarakat di mana pun sudah pasti gerah melihat aksi tawuran pelajar, mahasiswa, atau siapapun juga. Mahasiswa seharusnya memiliki intelektualitas yang tinggi sehingga tidak perlu menyelesaikan masalah dengan tawuran. Perilaku tawuran mereka itu sama saja berarti mereka mempelajarinya di bangku kuliah selain pengetahuan-pengetahuan yang lain. Entah apa yang menjadi pemicunya sehingga mereka bisa berbuat seperti itu? Jawabannya memang klise, hal ini akibat dari perkembangan jaman, dan perkembangan jaman itu juga berdampak pada perkembangan pola pikir.

Jadi jika memang mengakui berbangsa yang satu, bertanah air satu, dan berbahasa yang satu kita semua harus menjunjung tinggi ketiga isi dari sumpah pemuda tersebut. Kemajuan suatu negara akan dilihat dari para pemuda-pemudinya. Jadilah pemuda-pemudi yang tak hanya berwawasan luas, memiliki intelektualitas yang tinggi, tapi juga memiliki akhlak yang baik. karena banyak sekai kita melihat di berbagai media. baik media cetak maupun media massa. bahwa para pemuda yang tergelincir masuk kedalam "lembah hitam" narkoba. padahal prestasinya banyak.

Dan yang paling penting, jadilah para pemuda-pemudi yang tangguh. karena kebanyakan pemuda-pemudi Indonesia saat ini terkena "virus" galau di sosial media. baru putus cinta, update status galau. baru ditolak cinta, update status galau di facebook, bbm, dsb. Coba bayangkan, kalau pemuda Indoenesia sebelum kemerdekaan banyak yang galau seperti pemuda-pemudi sekarang? ya, sudah pasti kemerdekaan itu tidak pernah ada untuk Indonesia. Tapi karena pemuda-pemudi Indonesia dahulu pantang menyerah, memilki semangat yang tinggi, dan berdedikasi tinggi terhadap Indoenesia, maka sampailah kita menjadi negara yang merdeka seperti sekarang ini.


Semoga dua artikel yang saya tulis dalam rangka mengikuti Writing Competiton dari Sobat Budaya dan saya sangat senang karena telah diluncurkan sebuah aplikasi baru yakni "“Peta Lagu Tradisi Nusantara” yang dapat diunduh secara gratis baik di Play Store maupun di App Store dengan nama IndoMuse App. IndoMuse App, akan diluncurkan tepat pada Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2015. Sukses terus Sobat Budaya untuk Gerakan Sejuta Data Budaya nya! :)

Salam Semangat,


Rachmah Dewi


1 komentar:

  1. untuk masalah batik saya pernah merasakannya.... entah mereka tidak tahu atau bercanda.... saya hanya bisa menjelaskan filosofi batik dan kenapa saya mengenakannya :)

    BalasHapus